June 04, 2013

Tutorial Cara Memperbaiki Hardisk Badsector Paling Ampuh

Advertisement/Iklan Google :

Tutorial Cara Memperbaiki Hardisk Badsector Paling Ampuh -  Alhamdulillah update artikel kembali, untuk kali ini saya sebagai admin INFO TERKINI ingin berbagi ilmu tentang cara memperbaiki hardisk badsector dengan tool khusus. Mungkin bagi pemula mengalami hardisk error apalagi badsector membuat panik dan di fikiran kita salah satu jalan hanya membawanya ke tukang service. tapi kali ini INFO TERKINI akan memberi trik unruk ana, simak lebih lanjut :

Berikut beberapa tool untuk menghilangkan bad sector yang sering digunakan para teknisi:

  1. Ontrack Disk Manager
ontrack disk manager
Ontrack Disk Manager
Jalankan Hirens BootCD anda, pilih menu Harddisk Tools lalu pilih ontrack disk manager.
Pada tampilan di jendela ontrack disk manager, pilih option advanced option - maintenance - utility - zero fill.
Zero fill pada ontrack disk manager adalah sejenis tool Low Level Format harddisk yang bekerja sekaligus membersihkan bad sector harddisk.
2. HDD Regenerator
hdd_regenerator03
HDD Regenerator
HDD Regenerator adalah aplikasi harddisk yang menggunakan metode magnetic reversal. Metode magnetic reversal adalah memperbaiki bad sector dengan membalik sinyal magnetic pada harddisk (Wahana Komputer, Teknik Mengelola dan Menyelamatkan Data di Harddisk, Penerbit Andi). HDD Regenerator membentuk ulang bagian harddisk yang rusak tanpa merusak data yang ada. HDD Regenerator bahkan dapat digunakan pada bagian harddisk yag belum di partisi.
Setelah menu HDD Regenerator dipilih, pilih drive yang akan diperbaiki, lalu tekan enter. Masukkan posisi sektor yang ingin diperiksa lalu tekan enter.
3. MHDD
MHDD
MHDD
Sebelum menggunakan MHDD, setup bios harddisk pada posisi None (jangan memilih opsi Auto maupun di deteksi). Bisa juga dengan tanpa memasang Harddisk sebelumnya (ini pilihan utama, sebab MHDD tidak merusak harddisk yang dipasang setelah program berjalan).
Setelah memilih menu MHDD dari Hirens BootCD, detek harddisk dengan menggunakan perintah F2 dari Keyboard. Maka akan didapat informasi tentang harddisk. Setelah itu scan harddisk menggukan perintah F4. Perhatikan informasi yang berjalan, dimana posisi bad sector. Sebab bila kita mengetahui posisi bad sector, akan lebih mudah memilih diposisi mana bad sector yang akan kita erase. Tapi bila anda ingin ambil mudahnya, tinggal erase untuk seluruh sector.
Setelah harddisk kita scan, pada menu MHDD> kita ketik erase
Untuk mendapatkan Hiren’s Boot CD bisa di download disini.