August 31, 2013

Peralatan Kelistrikan Berstandar untuk Mencegah Terjadinya Korsleting Listrik

Advertisement/Iklan Google :

Peralatan Kelistrikan Berstandar untuk Mencegah Terjadinya Korsleting Listrik
Kebakaran merupakan salah satu jenis bencana yang tidak dapat diprediksi. Di Indonesia banyak terjadi di kawasan padat penduduk yang ada di sejumlah kota-kota besar. Penyebab dari kebakaran tersebut sebagian besar terjadi karena korsleting listrik. Kegagalan listrik ini diakibatkan oleh beberapa hal seperti penumpukkan banyak steker pada satu sumber listrik yang sama, terjadinya hubungan arus pendek, penggunaan bahan material yang tidak sesuai standar,serta kurangnya perawatan terhadap instalasi listrik. Khusus untuk perawatan instalasi (inspeksi listrik) ini hanya boleh dilakukan oleh orang yang ahli dan sudah terlatih.

Inspeksi minimal dilakukan setiap dua tahun sekali secara teratur. Hal-hal yang dilakukan dalam proses ini diantaranya pembersihan kotoran dan tumpukan debu agar tidak tersimpan dalam koneksi listrik, pengecekan terhadap aliran (sambungan) listrik untuk mengetahui potensi adanya kesalahan atau kerusakan, serta servis pada peralatan elektronik. Hal ini dilakukan sebagai bentuk preventif atau pencegahan korsleting listrik.

Peralatan Kelistrikan Berstandar untuk Mencegah Terjadinya Korsleting Listrik
Dengan adanya inspeksi listrik merupakan langkah awal untuk mengetahui bagaimana kondisi instalasi listrik. Jika terdapat bagian yang mengalami kerusakan, misalnya kabel yang sudah mengelupas atau rapuh, bisa segera dilakukan penggantian. Selain itu cek pula apakah material listrik yang digunakan sudah sesuai dengan standar nasional untuk kelistrikan. Dengan penggunaan material yang tidak memenuhi standar, bahan yang digunakan tidak akan tahan lama, mudah rapuh,dan terkelupas.

Peralatan listrik seperti kabel, stop kontak, steker, haruslah memakai produk yang berstandar. Misalnya saja produk yang dihasilkan oleh T&J Electric, sebuah perusahaan terkemuka yang menghasilkan kabel terbaik, serta switches (saklar) dan socket(stop kontak) dengan standar internasional dari IEC (Internationl Standards and Conformity), yaitu standar penilaian dan kesesuaian untuk semua jenis alat yang menggunakan listrik, elektronik,  serta yang berkaitan dengan teknologi. T&J Electric yang berasal dari Inggris ini telah memperluas pasarnya di Eropa, dan kini telah merambah pasar Afrika, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Asia.

Produk yang sudah diakui dunia untuk kualitasnya ini, telah didistribusikan oleh Libratama, sebuah perusahaan industrial maintenance terkemuka di Indonesia. Selain T&J Electric, sebagai perusahaan yang menyediakan produk industry maintenance (industri pemeliharaan mesin) ini menyediakan produk seperti battery diagnosis, kompresor,tank linings,peralatan berbasis pneumatik, ceramic coating, kamera infrared, dan produk lainnya.